Minggu, 14 Desember 2008

ILMU KOMUNIKASI ONLY

KEUNGGULAN ILMU KOMUNIKASI DI INSTITUT MANAJEMEN TELKOM

1. menekankan pada pemanfaatan ICT
2. menciptakan intelektual yang berjiwa entrepreneurship
3. berkomunikasi dalam konteks local dan global


Tujuan Ilmu Komunikasi di Institut Manajemen Telkom :
1. menghasilkan lulusan yang mampu mengelola informasi yang terkait dengan internal dan eksternal Perusahaan dengan memanfaatkan ICT
2. menghasilkan lulusan yang mampu mengkomunikasikan informasi mengenai perusahaan kepada konsumen dalam konteks lokal dan global
3. menghasilkan lulusan yang mampu menghasilkan suatu produk media mulai dari penentuan sumber informasi,pengumpulan materi,pengolahan sampai penerbitan produk
4. menghasilkan lulusan yang mampu memasarkan produk yang dihasilkan dengan menggunakan bahasa media

Alasan saya mengambil jurusan Ilmu Komunikasi :
1. setiap perusahaan pasti memerlukan orang komunikasi,tanpa orang komunikasi atau sebagai PR perusahaan,tidak ada yang dapat menawarkan keunggulan dari suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan kepada sasaran konsumen
2. di dunia ini pasti saling menjalani hubungan dengan yang lain,dengan melakukan komunikasi
komunikasi itu menarik,atau hal yang unik.

3. Sebenarnya kita selalu melakukan proses komunikasi,tapi yang jadi masalah kita tak tahu bagaimana memanaj proses komunikasi supaya dapat ditafsirkan untuk mendapat penghormatan dari komunikan
4. saya ingin mengekspresikan diri saya melalui komunikasi di depan publik
5. dari jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh IMT,yang menantang buat saya adalah komunikasi,karena berlangsung secara berangsur-angsur seiring kemajuan teknologi

ALASAN MENGAPA PERLU MEMPELAJARI KOMUNIKASI :
1. manusia bersifat etnosentrik
2. komunikasi membantu memenuhi keperluan
3. membuat lebih bahagia,lebih sukses dan lebih sehat
4. komunikasi itu rumit,dinamis dan terikat oleh budaya,jadi perlu untuk mempelajarinya

Pengertian Komunikasi :
1. proses atau peristiwa penyampaian pesan antar individu dari komunikator kepada komunikan dengan menimbulkan umpan balik atau feedback.

Proses Komunikasi :
à hubungan timbal balik antar individu yang saling mempengaruhi dan pada akhirnya menumbuhkan rangsangan untuk saling memahami antar kedua pihak

Fungsi dan Tujuan Komunikasi :
1. komunikasi social
- membangun konsep diri
- aktualisasi diri
- kelangsungan hidup
- memperoleh kebahagiaan

2. komunikasi ekspresif
- penyampaian perasaan dan emosi
- mempengaruhi orang lain

3. komunikasi ritual
- pemenuhan jati diri manusia sebagai anggota komunitas dan sebagai salah satu unsure alam semesta

4. komunikasi instrumental
- to inform
- to education
- to influence
- to entertaint

Konsep-konsep Komunikasi :
1. sebagai tindakan satu arah adalah penyampaian pesan antar individu tanpa efek
à contoh : berpidato
2. sebagai interaksi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan suatu tujuan yang menimbulkan feedback
à contoh : dosen memberi penjelasan materi kepada mahasiswa-mahasiswanya
3. sebagai transaksi adalah sebuah pesan yang disampaikan bersifat dinamis dan dapat terjadi tanpa disengaja atau tidak oleh pelakunya
à contoh : ekspresi wajah,nada suara dapat mengkomunikasikan sesuatu yang memberikan makna

Prinsip-prinsip dalam komunikasi :
1. komunikasi bersifat simbolik
2. setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
3 komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi
4. memiliki dimensi isi dan hubungan
5. terjadi dalam konteks ruang dan waktu
6. berlangsung dalam berbagai tingkat kesengajaan
7. bersifat sistematik
8. komunikasi bersifat irreversible
9. bukan alat panasea dalam menyelesaikan masalah

Kelompok-kelompok komunikasi :
1. komunikasi intrapribadi
à pada diri seseorang ia sebagai komunikator dan juga sebagai komunikan
2. komunikasi antarpribadi
à terjadi antar individu yang menimbulkan umpan balik
à peserta komunikasi lebih dari 1 orang
3. komunikasi kelompok
à komunikasi yang terjadi dalam suatu kelompok yang melibatkan komunikasi antar individu
4. komunikasi publik
à peristiwa komunikasi yang berlangsung secara umum atau dihadapan orang banyak,dan bersifat langsung
5. komunikasi massa
à proses komunikasi yang disampaikan melalui media,baik media cetak ataupun media elektronik dengan maksud memberi informasi
6. komunikasi organisasi
à kejadian komunikasi yang terjadi dalam jaringan organisasi untuk mencapai suatu tujuan

Model-model Komunikasi :
1. model aristoteles
komunikator à pesan à komunikan
penggambaran dari komunikasi publik speaking dan pidato
persuasi dapat dicapai oleh siapa anda
komunikasi dipandang sebagai suatu yang statis



2. model S-R
komunikasi sebagai suatu proses aksi-reaksi yang sangat sederhana
mengabaikan sistem internal individu

3. model Lasswell
siapa à mengatakan apa à melalui perantara apa à kepada siapa à dengan respons


2 komentar:

odzie for all mengatakan...

komen gw dunk????

Ganes syahban mengatakan...

assalamualaikum wr wb .

bagus zi isinya ..
terharu guw ..